10 Istilah-istilah dalam Cloud Computing


Istilah komputasi awan (cloud computing) menginduksi sekitar 90 % dari populasi dalam keadaan kebingungan. Namun, ini tidak harus terjadi. Dengan bantuan glossary singkat ini, Anda akan tidak punya masalah menyortir PaaS Anda dari IaaS Anda dan banyak lagi …
SaaS adalah akronim atau singkatan dari Software as a Service . SaaS mengacu pada aplikasi cloud yang dijalankan melalui internet. Keuntungan dari hal ini adalah bahwa aplikasi cloud tidak perlu diinstal atau dijalankan pada komputer pengguna. Contoh yang populer dari SaaS adalah klien email berbasis web dan twitter. Banyak orang menggunakan layanan SaaS tanpa menyadarinya.
PaaS adalah singkatan dari platform as a service. PaaS mengacu pada layanan platform cloud, pada dasarnya, ini berarti bahwa sistem operasi dan layanan terkait dapat disampaikan melalui internet sebagai layanan cloud.
IaaS adalah singkatan dari infrastructure as a service. IaaS mengacu pada peralatan yang dibutuhkan untuk mendukung operasi TI yang disediakan sebagai layanan melalui internet. Peralatan ini termasuk namun tidak terbatas pada media penyimpanan, server, perangkat keras dan komponen jaringan. IaaS kadang-kadang disebut sebagai Haas atau Hardware as a Service, meskipun hal ini berbeda dengan layanan yang biasa dilakukan sebelumnya.*
Sebuah pusat data adalah (biasanya sengaja dibangun ) fasilitas yang digunakan untuk menempatkan peralatan komputer dan komponen yang terkait. Pusat Data yang biasanya dilengkapi dengan pengatur suhu ruangan dan pasokan listrik cadangan untuk memastikan operasi yang efisien dan berkesinambungan dari peralatan yang berada di dalamnya. Fitur lain dari pusat data adalah bahwa mereka sangat aman, dengan keamanan fisik dan digital tingkat tinggi.
Backup online atau Cloud Backup seperti itu kadang-kadang disebut sebagai , adalah proses digital back up dokumen atau file melalui koneksi internet ke hardware terpencil.
VoIP adalah berdiri singkatan dari Voice over Internet Protocol . Ini adalah metode transfer data suara melalui internet untuk mereplikasi layanan telepon . VoIP disampaikan sebagai layanan , biasanya dari OTT ( Over the Top ) klien seperti Skype . Untuk panggilan VoIP menjadi kualitas yang baik , koneksi internet yang cepat diperlukan .
SIP batang adalah , pada dasarnya, saluran telepon virtual yang beroperasi melalui komputer dan koneksi broadband untuk digunakan saat membuat panggilan VoIP . Mereka harus dianggap sebagai setara virtual untuk kabel tembaga di dalam tanah .
Cloud Hosting , kadang-kadang disebut awan server hosting adalah layanan di mana hosting yang disediakan kepada klien melalui koneksi internet . Awan hosting berbeda dari jenis lain hosting dalam satu cara utama . Alih-alih menjadi host pada server tunggal , awan hosting menggunakan sejumlah server yang terhubung untuk membentuk kolam sumber daya bahwa sejumlah klien dapat menarik dari .
Cloud App adalah singkatan dari aplikasi awan panjang dan adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sebuah software komputer yang tidak dijalankan atau diinstal secara lokal , tetapi bukan disampaikan sebagai layanan di internet . Contoh ini bisa menjadi Microsoft Office 365 , versi berbasis internet kantor Microsoft . Untuk informasi lebih lanjut tentang konsep ini , silakan lihat SaaS ( Software as a Service ) .
SLA adalah berdiri singkatan Service Level Agreement . Sementara SLA tidak eksklusif untuk layanan awan , mereka sangat relevan . SLA adalah perjanjian kontraktual antara 2 pihak atau lebih dan bertindak sebagai jaminan dalam hal tingkat pelayanan yang harus disediakan . Dalam komputasi awan , ketersediaan , keandalan dan keamanan 3 bidang utama yang perlu dipertimbangkan .
SHARE

About heriipurnama

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Thanks For Your Feedback.