Pengertiaan Tentang InooDB

Assalmualaikum. . .. .
 
      Selamat siang pemirsa. . . . .Salam tampan bagi kita semua. . .. , oke pada siang yang cerah merona disela-sela belajarku aku akan tentang apa yang aku ketahui tentang InnoDb.....?
 
         InnoDB adalah storage enginee for MySQL adalah dunia yang paling populer perangkat lunak database open source, dengan lebih dari 100 juta kopi di-download atau didistribusikan sepanjang sejarah itu. Dengan kecepatan tinggi, kehandalan, dan kemudahan penggunaan, MySQL telah menjadi pilihan yang lebih disukai untuk Web, Web 2.0, SaaS, ISV, perusahaan Telecom dan berpikiran maju Manajer TI perusahaan karena menghilangkan masalah utama yang berhubungan dengan downtime, pemeliharaan dan administrasimodern, aplikasi online.

Banyak organisasi besar di dunia dan organisasi-organisasi yang tumbuh paling cepat menggunakan MySQL untuk menghemat waktu dan uang memanfaatkan MySQL untuk kegiatan dengan yang tinggi - situs Web, sistem bisnis kritis, dan paket perangkat lunak - termasuk pemimpin industri seperti Yahoo!, Alcatel-Lucent, Google, Nokia, YouTube, Wikipedia, dan Booking.com.

MySQL unggulan yang ditawarkan adalah MySQL Enterprise, satu set lengkap software yang sudah diuji produksi, peralatan monitoring yang proaktif, dan layanan dukungan premium tersedia dengan biaya berlangganan tahunan yang terjangkau.

MySQL adalah brand yang dimunculkan oleh Sun, sedangkan InnoDB adalah brand yang dikeluarkan oleh Oracle yang dipopulerkan setelah MySQL dibeli oleh Oracle.

Keistimewaan MySQL/InnoDB


MySQL memiliki beberapa keistimewaan, antara lain :

1. Portabilitas. MySQL dapat berjalan stabil pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, FreeBSD, Mac Os X Server, Solaris, Amiga, dan masih banyak lagi.

2. Open Source. MySQL didistribusikan secara open source, dibawah lisensi GPL sehingga dapat digunakan secara cuma-cuma.

3. 'Multiuser'. MySQL dapat digunakan oleh beberapa user dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami masalah atau konflik.

4. 'Performance tuning'. MySQL memiliki kecepatan yang menakjubkan dalam menangani query sederhana, dengan kata lain dapat memproses lebih banyak SQL per satuan waktu.

5. Jenis Kolom. MySQL memiliki tipe kolom yang sangat kompleks, seperti signed/unsigned integer, float, double, char, text, date, timestamp, dan lain-lain.

6. Perintah dan Fungsi. MySQL memiliki operator dan fungsi secara penuh yang mendukung perintah Select dan Where dalam perintah (query).

7. Keamanan. MySQL memiliki beberapa lapisan sekuritas seperti level subnetmask, nama host, dan izin akses user dengan sistem perizinan yang mendetail serta sandi terenkripsi.

8. Skalabilitas dan Pembatasan. MySQL mampu menangani basis data dalam skala besar, dengan jumlah rekaman (records) lebih dari 50 juta dan 60 ribu tabel serta 5 milyar baris. Selain itu batas indeks yang dapat ditampung mencapai 32 indeks pada tiap tabelnya.

9. Konektivitas. MySQL dapat melakukan koneksi dengan klien menggunakan protokol TCP/IP, Unix soket (UNIX), atau Named Pipes (NT).

10. Lokalisasi. MySQL dapat mendeteksi pesan kesalahan pada klien dengan menggunakan lebih dari dua puluh bahasa. Meski pun demikian, bahasa Indonesia belum termasuk di dalamnya.

11. Antar Muka. MySQL memiliki interface (antar muka) terhadap berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman dengan menggunakan fungsi API (Application Programming Interface).

12. Klien dan Peralatan. MySQL dilengkapi dengan berbagai peralatan (tool) yang dapat digunakan untuk administrasi basis data, dan pada setiap peralatan yang ada disertakan petunjuk online.

13. Struktur tabel. MySQL memiliki struktur tabel yang lebih fleksibel dalam menangani ALTER TABLE, dibandingkan basis data lainnya. semacam PostgreSQL ataupun Oracle.

MySQL telah dibeli oleh Oracle dan karenanya, Oracle memberikan komitmen untuk memelihara MySQL sebagai salah satu database yang penggunanya terbanyak di dunia.

sumber : http://goongbusiness.com
 
Semoga Bermanfaat......
Wassalam


    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a comment

Thanks For Your Feedback.