Arti perintah $sudo

$sudo

Sudo adalah program yang terdapat di keluarga UNIX yang digunakan untuk menjalankan perintah yang membutuhkan akses dari akun root. Sudo hanya dapat digunakan oleh user yang sudah terdaftar di file /etc/sudoers. Pada saat dijalankan sudo akan meminta password user yang menjalankan sudo tersebut, tetapi bisa juga dibuat untuk meminta password root atau tanpa password sama sekali. Secara default password yang dimasukkan tadi akan disimpan dan anda tidak perlu lagi memasukkan password jika menggunakan sudo.
Dalam mode Super User setelah anda asuk didalamnya maka anda akan secara default berada disana selama 15 menit dan setelah itu akan keluar dengan sendirinya setelah lima belas menit dan diminta memasukkan password lagi setelah tidak melakukan apa-apa.

$sudo su
 
$sudo su artinya super user do su atau super user melakukan su

Kenapa Harus Menggunakan Sudo?


Di keluarga Unix ada super user yang namanya root. Super user ini dapat melakukan apapun terhadap sistem. Melakukan pekerjaan umum dengan menggunakan akun root ini mempunyai resiko yang berbahaya karena jika salah mengetikkan maka akan dapat merusak sistem. Baiknya untuk pekerjaan umum kita menggunakan akun biasa dan menggunakan akun root jika memang sangat diperlukan. Untuk itu sudo diciptakan agar akun biasa dapat menjalankan perintah yang membutuhkan akses dari akun root tanpa harus login lagi dengan akun root. Sudo juga mencatat setiap perintah yang dijalankan dengan menggunakan sudo dan menyimpannya di file /var/log/auth.log. Ini memudahkan kita untuk melakukan track back suatu saat nanti.

Untuk menggunakan sudo, gunakan sudo di depan perintah.

Contoh perintah:

$sudo apt-get
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Thanks For Your Feedback.