Aplikasi Mengunakan OS Windows Phone

TUGAS AKHIR

Interaksi Manusia dan Komputer









Disusun Oleh :

Ahmad Sobri                   ( 125410295 )
Aprilius Pasti Nugroho   ( 125410268 )
Heri Purnama                 ( 125410101 )
Ruslan Abdul Gani          ( 125410229 )
Sutris Setyadi                  ( 125410254 )


STMIK AKAKOM YOGYAKARTA
Jln.Raya Janti 143, Karang Jambe, Yogyakarta
Telp.(0274)486664, Fax.(0274)486438


Mini Gamelan

A.      Latar Belakang
Gamelan merupakan alat musik tradisional Indonesia yang memiliki nilai budaya tersendiri. Mengenai hal itu kami merencanakan sebuah skripsi untuk membuat sebuah aplikasi gamelan berbasis windows phone dalam rangka mengembangkan dan memperkenalkan alat musik tradisonal Indonesia agar dapat di kenal di kalangan masyarakat modern.

B.      Pembahasan
Gamelan adalah aplikasi berbais Windows Phone yang menggunakan teknologi touch screen. Dalam aplikasi ini terdapat beberapa penggunaan fitur diantaranya :
a.      Menu Pie
b.      Slide
c.       Scroll Bar
Aplikasi Gamelan tidak banyak menggunakan menu karena sudah di dukung oleh teknologi touch screen sehingga dalam penggunaan menu lebih sederhana.

Menu Pie

Menu pie merupakan menu yang berbentuk melingkar di mana seleksi tergantung pada arah.
Menu pie terbuat dari beberapa "irisan pie" di sekitar pusat.
Tujuan dari menu pie adalah untuk menyediakan halus, gaya gestural diandalkan interaksi untuk pemula dan ahli.

Pada gambar disamping adalah menggunakan menu Image Button yang merupakan jenis menu tambahan yang ada pada windows phone. Pada dasarnya, menu tersebut hampir sama dengan menu – menu  icon button pada umumnya.
Pada menu ini terdapat satu menu utama/ menu induk nya, dimana menu utama tersebut didalamnya terdapat menu-menu item lainnya/ sub menu nya.  Cara kerja menu ini adalah terdapat effek hide (saat belum di klik) kemudian menyembunyikan sub-sub menu yang ada didalamnya, dan unhide (saat diklik) kemudian memunculkan sub menu yang ada didalamnya.



Dalam desain antarmuka komputer, menu pie (juga dikenal sebagai menu radial) adalah menu konteks melingkar di mana seleksi tergantung pada arah. Menu pie terbuat dari beberapa "irisan pie" di sekitar pusat aktif dan bekerja terbaik dengan input stylus, dan baik dengan mouse. Iris Pie yang digambar dengan lubang di tengah untuk cara mudah untuk keluar dari menu.


             Pada menu tersebut terdapat 6 menu item/ sub menu nya, dimana masing – masing sub menu tersebut mewakili maksud dan perintah tertentu, yaitu :
          1.       Merupakan menu play,memiliki icon segitiga sama sisi yang miring ke kanan, yang sekilas sepert penunjuk arah kekanan. Dalam hal ini, menu ini berfungsi untuk memulai membka aplikasi utama, yaitu bermain gamelan. Sedangkan warna kuning pada backgroundnya menggambarkan keceriaan.
           2.      Merupakan menu pengetahuan, memiliki icon lampu bohlam. Maksud dari icon ini adalah bahwa lampu bohlam dapat memberikan penerangan, identik dengan ide, dan pengetahuan. Sedangkan warna biru pada backgroundnya menggambarkan  technologi. Dalam hal ini menu ini berfungsi untuk membuka halaman yang berisi tentang deskripsi pengetahuan gamelan.
    3.     Merupakan menu wallet, memiliki icon dompet. Maksud dari icon ini adalah bahwa dompet adalah salah satu tempat penyimpanan sesuatu yang berharga. Sedangkan warna merah pada backgroundnya menggambarkan ketegasan sesuatu yang penting. Dalam hal ini menu ini berfungsi untuk menyimpan beberapa judul dan pengarang lagu-lagu daerah di Indonesia. 
                          

·                              4.Merupakan menu rating, memiliki icon bintang segi lima. Maksud dari icon ini adalah bahwa bintang memiliki cahaya dan tempat yang tinggi dilangit, menggambarkan posisi yang tinggi dan bersinar indah. Sedangkan warna ungu pada backgroundnya agar terlihat lebih damai. Dalam hal ini menu ini berfungsi untuk memberikan penilaian terhadap aplikasi ini.
·                             5.Merupakan menu about, memiliki icon huruf i. Maksud dari icon ini adalah bahwa huruf i memiliki makna intensitas, dalam kata lain memberikan gambaran tentang sesuatu. Sedangkan warna kuning tua pada backgroundnya menggambarkan kearifan. Dalam hal ini menu ini berfungsi untuk menampilkan halaman yang berisi tentang deskripsi aplikasi ini, atau tentang si pembuatnya.
·                             6.Merupakan menu Help, memilik icon tanda Tanya. Maksud dari icon tersebut adalah tentang suatu pertanyaan. Sedangkan warna hijau pada backgroundnnya memiliki arti tentang kesegaran/ ketenangan. Dalam hal ini menu ini berfungsi menampilkan halaman yang berisi solusi/ bantuan atau tuntunan dalam menggunakan aplikasi ini.

           Pada menu tersebut terdapat 6 menu item/ sub menu nya, dimana masing – masing sub menu tersebut mewakili maksud dan perintah tertentu, yaitu :
·                               Merupakan menu play,memiliki icon segitiga sama sisi yang miring ke kanan, yang sekilas sepert penunjuk arah kekanan. Dalam hal ini, menu ini berfungsi untuk memulai membuka aplikasi utama, yaitu bermain gamelan. Sedangkan warna kuning pada backgroundnya menggambarkan keceriaan.
·                              Merupakan menu pengetahuan, memiliki icon lampu bohlam. Maksud dari icon ini adalah bahwa lampu bohlam dapat memberikan penerangan, identik dengan ide, dan pengetahuan. Sedangkan warna biru pada backgroundnya menggambarkan  technologi. Dalam hal ini menu ini berfungsi untuk membuka halaman yang berisi tentang deskripsi pengetahuan gamelan.
·                                Merupakan menu wallet, memiliki icon dompet. Maksud dari icon ini adalah bahwa dompet adalah salah satu tempat penyimpanan sesuatu yang berharga. Sedangkan warna merah pada backgroundnya menggambarkan ketegasan sesuatu yang penting. Dalam hal ini menu ini berfungsi untuk menyimpan beberapa judul dan pengarang lagu-lagu daerah di Indonesia.


Slider

Slider adalah bentuk penyajian konten dari beberapa slide dimana untuk menggunakannya cukup dengan sentuhan navigasi ke kanan atau ke karir untuk mobile dan desktop.




View

View merupakan tampilan dari sistem yang menghubungkan antara sistem dengan pengguna sebagai bentuk interaksi sehingga sistem dapat memberikan reaksi dari aksi yang di berikan pengguna kepada sistem.

Scroll Bar




ScrollBar adalah sebuah kontrol penggulung yang terdapat di sisi suatu jendela yang berfungsi untuk menampilkan konten yang banyak (tulisan) yang tidak cukup untuk di tampilkan ke dalam satu view sehingga untuk menmpilkannya dengan cara scroll atau di gulung.




                                                                                               
Pull Down

Menu Pull-down untuk mengelompokkan menu menu item tertentu ke dalam kategori tertentu yang berada dalam satu frame dan untuk menampilkannya cukup dengan menyentuh kategori tersebut sehingga muncul sub menu item di dalam nya.



Slide


Slider adalah scroller konten dimana untuk menggunakannya cukup dengan sentuhan navigasi dengan sentuhan ke kanan atau ke kiri di gunakan untuk mobile dan desktop.



SHARE

About heriipurnama

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment