LAPORAN TUGAS PENGENALAN TEKNOLOGI & INFORMASI


LAPORAN TUGAS

PENGENALAN TEKNOLOGI & INFORMASI









Disusun Oleh :

PRISKA SELVIA TENGGELI  (125410112)                                       
MUKTI WIJAYA (125410077)
Heri Purnama (125410101)

Kelas TI 02




Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer
AKAKOM
Yogyakarta
2012

Contoh - contoh website B2B, B2C, dan C2C :
Di dalam E-commerce ada beberapa bagian diantaranya B2B, B2C dan C2C. Dan kali ini, saya akan memeberikan beberapa contoh website dari B2B, B2C, dan C2C.

1)   B2B
         B2B adalah transaksi antar perusahaan yang menggunakan EDI dan email untuk pengiriman dan permintaan proposal bisnis, selain itu juga untuk pembelian barang dan jasa, informasi, dan konsultasi.Dapat disimpulkan B2B adalah:
·         Disebut juga transaksi antar perusahaan
·         Transaksinya menggunakan EDI (Electronic Data Interchange) dan email untuk pembelian barang dan jasa, informasi & konsultasi
·         Digunakan untuk pengiriman dan permintaan proposal bisnis.
Pengertian lain tentang B2B yaitu penjualan produk / jasa antar perusahaan atau antar badan bisnis.
Karakteristik transaksi B2B (Business to Business) pada umumnya :
  • Penjualan barang / jasa dalam jumlah yang banyak atau borongan.
  • Biasanya dengan harga yang khusus / lebih murah, karena pembelian dilakukan dengan jumlah banyak guna dijual kembali.
  • Koneksi on-line antara vendor dengan pembeli

contoh website-nya :

a). http://alibaba.com/
        Alibaba.com adalah portal internet terbesar di dunia untuk perdagangan internasional
Pembeli dan penjual seluruh dunia bertemu di Alibaba.com untuk mencari dan menjual produk di berbagai industry. Data singkat Alibaba.com:
8 Juta Anggota Internasional di lebih dari 240 negara
90% Anggota adalah Pembeli 
Lebih Dari 40 Katagori Industri 
1 Juta Kategori Produk 
Lebih dari 300,000 pengunjung/hari
Expo Virtual 24 jam/hari sepanjang tahun.

      



b).http:// ecplaza.net.com/


c). http:// ecrobot.com/













d).http:// ec21.net/

e).http:// foreign-trade.com/


e). http://globalmarket.com/
            GlobalMarket Group adalah sebuah perusahaan perdagangan internasional pemasaran. Sekarang dengan lebih dari 30 kantor lapangan serta staf dari 1.000, perusahaan berkomitmen untuk mendirikan GMC (Global Produsen Sertifikat) Masyarakat, di mana manufaktur Cina yang berkualitas didirikan dan dapat berdiri di antara sisanya. Dengan mengikuti pameran global, penawaran marketing dan memberikan solusi sourcing, jembatan pasar global kesenjangan antara pembeli global dan produsen GMC.
http://3.bp.blogspot.com/_RWPHwTXKuc4/TP7KVvduZDI/AAAAAAAAAHQ/MfKG6tiNCzM/s400/Untitled-1.jpg
f).. http://tradekey.com/
            TradeKey.com didirikan pada tahun 2005 dengan tujuan untuk memfasilitasi perdagangan global dan membawa pembeli dan penjual dari seluruh dunia untuk satu platform bersama.
TradeKey.com bangga mengumumkan bahwa telah sangat perwakilan TradeKey.com dukungan pelanggan profesional dan berdedikasi yang tersedia untuk menyelesaikan masalah dan kekhawatiran dari semua anggota TradeKey.com. Kembangkan bisnis Anda dengan pesat dengan bantuan ahli TradeKey.com.
http://3.bp.blogspot.com/_RWPHwTXKuc4/TP7Lo53kWrI/AAAAAAAAAHY/yMQmMhwRhmQ/s320/s.jpg

g). http://www.folderbiz.com/
            FolderBiz.com merupakan sebuah portal bisnis di Indonesia yang menyediakan fasilitas online bagi perusahaan-perusahaan atau unit bisnis yang ingin mempromosikan produk-produknya secara online. FolderBiz.com juga menyediakan fasilitas online bagi perusahaan yang ingin mencari atau sekaligus memposting informasi bisnis mereka, sehingga mereka dapat membentuk jaringan pemasaran yang lebih luas maupun memperbanyak relasi (partnership) yang akan meningkatkan oportunitas bisnisnya. Tujuan: membantu perusahaan-perusahaan yang ingin memasarkan produk-produknya secara online.

http://3.bp.blogspot.com/_RWPHwTXKuc4/TP7LhbGbvVI/AAAAAAAAAHU/58EqPv7fthA/s320/a.jpg

h). http://www.globaldistribution.com/

2).B2C
            B2C adalah transaksi dengan menggunakan internet dimana transaksi ini termasuk penjualan dengan pembeli individu ,karakter yang paling singnifikan dari b2c adalah kemampuan untuk menciptakan hubungan langsung dengan konsumen tanpa melibatkan medium (perantara) seperti distributor, pedagang grosir.
Kelebihan dari B2C adalah sebagai berikut :
  • Disebut dengan transaksi pasar
  • Konsumen m’pelajari produk yang ditawarkan melalui publikasi
  • Membeli dengan electronic cash & sistem secure payment
  • Memintaagar barang dikirimkan
Karakteristik B2C (business to Consumer)
·Penjualan secara eceran dari perusahaan/ badan bisnis langsung ke konsumen akhir
·Produk eceran yang sangat beraneka ragam
·Pembayaran secara on-line menggunakan kartu kredit
·Berbelanja dengan sangat mudah
·Usaha berpromosi dengan menggunakan penjualan silang antara produsen dengan
·konsumen atau dengan adanya potongan harga

a.       http://www.amazon.com/
     amazon adalah Toko online terbesar saat ini yang didirikan pada Mei 1994 di Manhattan oleh Jeff Bezos, seorang pekerja di D.E. Shaw. Amazon.com pada awalnya menjual buku secara online dan kini telah berkembang menjadi toko online untuk film, game, DVD, CD musik, software komputer, furniture, makan dan barang-barang lainnya. nama Amazon diambil dari salah satu nama sungai terbesar di dunia, Amazon, dengan harapan dapat memiliki kapasitas yang besar.

b.      http://www.ebay.com/
     ebay adalah ajang pasar online dunia™ - tempat bagi pembeli dan penjual berhimpun dan berdagang apa saja. Diluncurkan tahun 1995, eBay diawali sebagai tempat untuk berdagang barang koleksi dan barang yang sulit ditemukan. Sejak itu, eBay telah berkembang menjadi ajang pasar tempat Anda dapat menemukan segala sesuatu, dari ponsel dan DVD hingga pakaian, barang koleksi dan mobil.
Dengan daftar barang sebanyak 103,6 juta di seluruh dunia dan penambahan daftar barang sebanyak 6,1 juta yang dilakukan setiap hari, eBay menawarkan kesempatan yang tidak terhingga bagi semua orang untuk membeli dan menjual di seluruh dunia.


c).. http://www.bhinneka.com/
            Bidang Usaha : Total IT Solution Spesialis dalam Komputer & Software Distribution
http://3.bp.blogspot.com/_RWPHwTXKuc4/TP7NICHwxnI/AAAAAAAAAHg/rJuRP94bOu8/s320/2.jpg

d. http://www.superoceans.com/
            Perusahaan kami adalah salah satu produsen profesional khusus di jam tangan. Kami menyediakan berbagai macam jam tangan seperti Rolex, Omega, Breitling, Panerai, Cartier, TAG Heuer dan lebih dari 22 merek. Dan fashion seperti tas LV, Fendi, Coach, Gucci, Chanel dan lebih dari 10 merek handbags.We memiliki pembuat profesional dan proses pengecekan yang ketat, untuk memastikan produk tersebut dalam kualitas tinggi. Kami menyediakan produk-produk bermutu tinggi dan layanan tetapi harga yang paling kompetitihttp://1.bp.blogspot.com/_RWPHwTXKuc4/TP7NSInGatI/AAAAAAAAAHk/MlW7YPlM2zg/s320/3.jpg

3). C2C
            C2C adalah model e-commerce yang menjamur di Indonesia saat ini. Contoh dari C2C adalah iklan baris dan toko-toko buku online dadakan (dimiliki oleh individu yang umumnya memanfaatkan layanan blog gratis seperti blogspot). C2C terjadi seorang individu melakukan penjualan produk/jasa langsung kepada individu lainnya.C2C juga bias disebutb Adalah jenis transaksi dimana konsumen menjual produk secara langsung kepada konsumen lainnya. Juga seorang individu yang mengiklankan produk barang atau jasa, pengetahuan, maupun keahliannya di salah satu situs lelang.

a. http://www.bidhere.com/
            BidHere.com merupakan situs lelang online dunia. Situs ini melelang berbagai macam elektronik, perhiasan, arloji dan aksesoris-aksesoris. Tidak dikenakan biaya untuk mendaftar di situs lelang online ini. Ada batas waktu pelelangan untuk setiap barang yang akan dilelang
http://1.bp.blogspot.com/_RWPHwTXKuc4/TP7RAk5E5WI/AAAAAAAAAH4/DHpQDb-vHQU/s320/151564156.jpg
b. http://www.munyie.com/
            Munyie.com merupakan salah satu website di Indonesia yang menjual beraneka macam produk kebutuhan dari A - Z.
Munyie.com merupakan retail online dan juga merupakan one stop online shopping yang menyediakan segala macam kebutuhan pribadi hingga kebutuhan korporasi dengan sistem pembayaran yang aman, nyaman, dan terpercaya.
http://2.bp.blogspot.com/_RWPHwTXKuc4/TP7RMxvCvCI/AAAAAAAAAH8/kH4XCC-xrls/s320/897456131.jpg

c. http://www.tokobagus.com/
Toko Bagus adalah Salah satu Situs Jual-Beli gratis terbesar di Indonesia ini merupakan situs yang paling banyak di pakai orang Indonesia untuk melakukan transaksi jual-beli. dari segi ekonomi, penjualan berbagai barang dan jasa dapat dilakukan melalui situs internet atau online, salah satu situs online jual-beli terbesar di Indonesia yaitu Toko Bagus.
Situs yang memiliki simbol Lampu lengkap dengan pancaran sinar nya ini, seolah memiliki filosofi atau arti yang menunjukan bahwa beriklan di Toko Bagus adalah sebuah ide yang cemerlang.

Keuntungan Bagi Pelaku Ekonomi
Memasang Iklan suatu produk memang sudah sejak dulu dilakukan oleh para pelaku bisnis, terutama bisnis jual beli. Permasalahannya bagaimana agar barang atau produk yang dimiliki para pelaku bisnis ini dapat diketahui secara luas oleh masyarakat.
Semakin masyarakat mengetahui barang tersebut, semakin besar kemungkinan keuntungan dan kesuksesan yang akan di dapat oleh pelaku bisnis. dan Toko Bagus bisa menjadi salah satu solusinya.
Meskipun sepertinya iklan itu terkesan tidak begitu penting tapi pada kenyataannya iklan memberikan dampak positif kepada pembeli dan penjual. selain menunjang akan kesuksesan bagi para penjual, iklan juga memberikan berbagai macam referensi barang atau jasa yang di butuhkan konsumen.
Toko Bagus juga memberikan komitmen yang baik bagi para pelanggan nya. pelanggan dari toko bagus sendiri tak laik adalah Anda sebagai penjual dan pembeli.
Selain itu, Biaya yang dikeluarkan untuk memasang iklan bagi para penjual pun relatif murah dibandingkan Anda memasang iklan seperti di Media Cetak atau Televisi. Bahkan dalam waktu tertentu, Toko bagus tidak menetapkan biaya pasang iklan sama sekali.
Keuntungan yang diberikan oleh Toko Bagus bukan hanya untuk para penjual saja, pembeli pun demikian. Bagi anda yang akan membeli barang di toko bagus dapat memilih barang sesuai dengan kebutuhan anda. Meskipun transaksi harus dilakukan dengan cara Online tapi gambar tidak mengurangi keaslian serta keamanan barang yang dijual oleh para penjual.
Karena untuk menjaga kepercayaan konsumen, disetiap barang yang akan dijual Toko bagus mencantumkan alamat serta nomor telepon penjual, sehingga komunikasi dapat terjalin langsung antara penjual dan pembeli.

Kategori Barang Populer
Dari sekian banyak kategori yang di jual oleh Toko Bagus, ada sejumlah kategori yang paling banyak diminati dan dikunjungi oleh para pengguna jasa layanan internet. Kategori tersebut masuk kedalam kategori populer. Berikut ini adalah barang yang termasuk kategori populer :
  • Jam dan Perhiasan
  • Handphone
  • Perlengkapan Bayi
  • Alat Elektronik
  • Motor














    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Thanks For Your Feedback.