Permainan Bisnis Gemastik 2014





Assalamualaikum,,,

Setelah sekian lama baru pada kesempatan ini saya sebagai penulis baru memposting tentang pengalaman pribadai. . .. . alah salah tulis pribadi maksutnya :D :D , pengalaman pribadi saya dalam mengikuti lomba permainan bisnis yang diadakan pada tahun ini yang bertempat di salah satu kampus ternama dijogja tidak lain dan tidak bukan ialah ugm atau Universitas Gajah Mada .Permainan ini awalnya masi awam dan saya juga baru pertama kali mengikuti lomba ini tapi karena saya sangat terobsesi ingin mengikuti salah satu lomba dalam ajang gemastik pada tahun ini , hal itu pun saya tidak perdulikan , istilahnya modal NEKAD MELU dan semangat saya juga lagi berkobar-kobar halah #lebai-nyo.Saya bisa tahu tentang lomba ini pada awalnya lagi nyari info tentang GEMASTIK unduh dokumen-dokumen , baca-baca info kategori lombanya dan ketemu deh jenis lomba ini baca deskripnya disitu tertulis layaknya menjadi seorang DECISION MAKER atau Pengambil Keputusan dalam suatu permasalahan yang sedang dihadapi dalam suatu perusahaan kayak analisisi gitulah pokoknya.

Saya cari diinternet tentang kategori lomba ini juga masi minim .”Namun apa salahnya mencoba , toh juga ikut lomba ini gratis tidak dipunggut biaya target tidak muluk-muluklah , sukur-sukur bisa masuk final , atau mungkin naik bisa naik podium bisa mengharumkan nama kampus” dalam pikiran saya waktu itu tapi apa daya waktu berkata lain ??? walah malah curhat. . . . Langsung KeTKP ajalah. . .. . . . !!!!!!

Lomba permainan bisnis ini cukup menarik menurut saya, karena dapat meningkatkan kemampuan melakukan peramalan , menganalisis , memprediksi kemungkinanan yang akan terjadi dimasa depan dalam membuat suatu produk barang tertentu,,mulai dari proses pemilihan bahan baku, penyimpanan bahan baku, proses produksi proses penjualan , masalah ketika perusahaan sedang mengalami krisis bagaimana anda menyikapinya dan masalah yang lainnya . Permainan ini dibagi berdasarkan tim-tim yang berasal dari perguruan tinggi yang berbeda, setiap tim terdiri dari 3 orang dan dipimpin oleh seorang ketua. Tim saya terdiri dari saya sendiri, mukti wijaya dan alif benden arnado. Nama tim kami adalah about mikir. yang diketuai oleh kebetulan saya sendiri. Dari semua tim-tim yang mendaftar kemudian dilakukan permainan tersebut pada waktu2 tertentu, tiap tim diberi waktu 2 jam dan uang tiap2 tim senilai 2 juta.Pada saat permainan dimulai pada semifinalnya ada enam tahap yang harus dihadapi dan masing-masing tahap diberi nilai jika nilai kurang dari yang diharapkan tenang saja masi ada kesempatan untuk melanjutkan pada tahap berikutnya dan nilai setiap tahap akan diakumulasi untuk menentukan tim mana yang pantas melaju final dan menuju ke UGM tepatnya lomba ini berlangsung digedung Graha Sabda.. . . alias menurutku gedung impian. . .hohohohoho

Pada permainan ini dilaksanakan secara online pada waktu semifinalya,sebelum semifinal akan ada babak pemanasan untuk mencoba permainan dan menguji usser name dan akun masing-masing peserta.Panitia pada permainan ini telah menyiapkan website tersendiri dalam menggikuti lomba ini dalam masuk lomba permainan , para peserta akan diberi ussername dan password yang akan dikirim melalui email ke email ketua masing-masing ketua dan ketua disini yang harus mengkordinir anggota yang lain karena setiap penggumuman agenda pada setiap menggikuti lomba yang harus dikerjakan dikirim melaui email sang ketua.Setelah mengetahui usser dan password masuk saja langsung kedalam web permainan bisnisnya dan permainan pun dimulai . Pada saat melakukan permainan ini waktu tercepat dalam menyelesaikan tantangan juga dinilai dan bagaimana cara anda melakukan dan pegambilan keputusan paling tepat menjadi nilai paling besar.Contohnya:

~ jika anda dapat menyelesakain tantangan sesuai dengan tepat dan keputusan yang tepat namun waktu lama maka nilai tidak akan sempurna kerena anda menyelesaikanya dengan waktu yang lama.Sebaliknya


~ jika anda menyelesaikan dengan waktu cepat namun keputusan tidak tepat atau tidak sesuai maka nilai yang didapat pun juga tidak maksimal.Jadi dalam permainan ini menguji ? secepat apa anda dalam mengambil keputusan yang tepat dan dengan waktu yang cepat.


Jika tim lolos ke final maka akan dipanggil panitia untuk menuju ke ugm tepatnya gedung Graha Sabda , untuk memperoleh tantangan langsung yang telah disediakan oleh pihak juri . Juri disana akan langsung bertanya bagaimana jika anda menjumpai masalah seperti itu bagaimana keputusan anda??dan masi banyak pertanyaan yang lainya yang akan dijumpai pada waktu masuk final ???


Pada tahun ini pada kategori lomba ini ada sebanyak 314 tim dari masing-masing perguruan tinggi se-indonesia.

Namun,pada kesempatan ini belum kami manfaatkan secara optimal karena masih banyak hal yang kami belum mengerti tentang permainan ini dan juga kendala-kendala lainya, Sehingga pada tahun ini, kami tidak masuk dalam 10 besar tim yang melangkah ke tahap berikutnya alias final.Haduh mungkin dewi-fortuna belum berpihak pada kami sehingga tidak dapat melaju ke final . Dan menenpatkan kami hanya sebagai tim penghibur atau tim periah suasana lomba , soalnya tim yang ikut lomba itu juga diberi undangan untuk mengikuti pembukaan final dan seminar yang diadakan panitia waktu lomba final berlangsung.Tim-tim yang berhasil masuk 10 besar tahun 2014 ini adalah sebagai berikut,,




Selamat ya kepada tim-tim yang berhasil masuk 10 besar,,

Dalam web lomba tersebut dan kami berada dalam Rank tim penghibur alias pengembira ...hahahadeh :D




Semoga bermanfaat. . .
wassalam. . .. .
















    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Thanks For Your Feedback.