LAPORAN PRAKTIKUM ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN MODUL 15 DAN 16


LAPORAN PRAKTIKUM
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
MODUL 15 DAN 16









Disusun Oleh :

Heri Purnama
125410101
TI 02




UPT LABORATORIUM
Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer
AKAKOM
Yogyakarta
2012

KELAS DAN OBYEK I
1).Pembahasan
a).LISTING 01
INPUT
class Lingkaran{
Ø  Baris ini digunakan untuk menampilkan nama kelas dalam program java.
  private double radius;
Ø  Baris ini merupakan field untuk mengakses kelas pada double radius. Dimana modifier private ini merupakan field yang bisa diakses dalam kelas itu sendiri.
  void IsiJari(double radius)
Ø  Baris ini digunakan untuk menampilkan kelas dengan method jari.
  {
Ø  Kurung kurawal sebagai kalang pembuka this.radius
  this.radius=radius;
Ø  Baris ini adalah referensi ke obyek yakni obyek radius
  }
Ø  Kurung tutup merupakan kalang tutup this.radius
  public double perolehPi()
Ø  Baris ini digunakan untuk menampilkan method perolehan pi.
  {
Ø  Kurung kurawal sebagai kalang pembuka untuk kembalian 3.14
  return 3.14;
Ø  sebagai nilai balik atau basic.Dan merupakan nilai dari pi = 3.14.
}
Ø  Kurung tutup merupakan kalang tutup untuk kembalian perolehan pi.
  public double perolehKeliling()
Ø  Baris ini digunakan untuk menampilkan method perolehan keliling.
  {
Ø  Kurung kurawal sebagai kalang pembuka untuk kembalian  return 2 * perolehPi() * radius.
 return 2 * perolehPi() * radius;
Ø  Baris ini merupakan rumus untuk memperoleh keliling.
  }
Ø  Kurung tutup sebagai kalang penutup untuk kembalian  return 2 * perolehPi() * radius
}
Ø Kurung kuakhir Penutup untuk kalang  kelas Lingkaran.
public class PenentuMetode{
Ø  Dalam membuat kelas kata public class adalah suatu keharusan yang harus ditulis, kali ini kita akan membuat program dengan nama PenentuMetode . dalam membuat nama kelas yang terdiri lebih dari satu kata maka nama kelas tidak boleh dispasi, dapat dipisahkan dengan underscore “_” atau digabung penulisannya.  Jika kita membuat sebuah kelas artinya kita telah membuat sebuah program atau  baris untuk menampilkan nama kelas java.. Kurung kurawal adalah tanda awalan kelas.
public static void main(String[] args)
Ø  Baris ini untuk menampilkan standarnya program  pada  java atau  sebagai program  utama.Atau sebagai Permulaan fungsi utama dalam java.Baris ini mendeklarasikan suatu method dengan nama main. Keyword Void dalam java merupakan suatu kata kunci yang harus ditulis. Keyword static memungkinkan method main() diapanggil tanpa harus terlebih dahulu membuat instance dari class sederhana.Dimana merupakan method yang bernama main  yang tidak mengembalikan nilai. Dengan program utama method argument.
{
Ø  Kurung kurawal sebagai kalang pembuka baris obyek dari matrik yang dimasukkan.
Lingkaran bulatan = new Lingkaran();
Ø  Baris ini merupakan obyek dari matriks yang dimasukkan.
bulatan.IsiJari(75);
Ø  Baris ini merupakan variable isi jarinya adalah 75.
System.out.println("Keliling = " + bulatan.perolehKeliling());
Ø  Baris digunakan untuk menampilkan hasil data  bulatan.perolehKeliling yang dimasukkan.
System.out.println("pi = " + bulatan.perolehPi());
Ø  Baris digunakan untuk menampilkan hasil data bulatan.perolehPi yang dimasukkan
}
Ø  Kurung kuakhir sebagai penutup dalam kalang method main.
}
Ø  Kurung kuakhir Penutup untuk kalang  kelas Lingkaran.
OUTPUT

b).LISTING 02
INPUT
classLingkaran{
Ø  Baris ini digunakan untuk menampilkan nama kelas dalam program java.
private double radius;
Ø  Baris ini merupakan field untuk mengakses kelas pada double radius. Dimana modifier private ini merupakan field yang bisa diakses dalam kelas itu sendiri.
voidIsiJari(double radius)
Ø  Baris ini digunakan untuk menampilkan kelas dengan method jari.
  {
Ø  Kurung kurawal sebagai kalang pembuka this.radius
this.radius=radius;
Ø  Baris ini adalah referensi ke obyek yakni obyek radius

 }
Ø  Kurung tutup merupakan kalang tutup this.radius
public double perolehPi()
Ø  Baris ini digunakan untuk menampilkan method perolehan pi.
  {
Ø  Kurung kurawal sebagai kalang pembuka untuk kembalian 3.14
return 3.14;
Ø  sebagai nilai balik atau basic.
  }
Ø  Kurung tutup merupakan kalang tutup untuk kembalian perolehan pi.
public double perolehKeliling()
Ø  Baris ini digunakan untuk menampilkan method perolehan keliling.
  {
Ø  Kurung kurawal sebagai kalang pembuka untuk kembalian  return 2 * perolehPi() * radius;
return 2 * perolehPi() * radius;
Ø  Baris ini merupakan rumus untuk memperoleh keliling.
  }
Ø  Kurung tutup sebagai kalang penutup untuk kembalian  return 2 * perolehPi() * radius;
public double perolehLuasLingkaran()
Ø  Baris ini digunakan untuk menampilkan method perolehan Luas Lingkaran
   {
Ø  Kurung kurawal sebagai kalang pembuka untuk kembalian  return 3 * perolehPi() * radius * radius.
return 3 * perolehPi() * radius * radius;
Ø  Baris ini merupakan rumus untuk memperoleh Luas Lingkaran.
  }
Ø  Kurung tutup sebagai kalang penutup untuk kembalian  return 3 * perolehPi() * radius * radius.
}
Ø  Kurung kuakhir Penutup untuk kalang  kelas Lingkaran.
public class PenentuMetodeModifikasi{
Ø  Dalam membuat kelas kata public class adalah suatu keharusan yang harus ditulis, kali ini kita akan membuat program dengan nama PenentuMetodeModifikasi. dalam membuat nama kelas yang terdiri lebih dari satu kata maka nama kelas tidak boleh dispasi, dapat dipisahkan dengan underscore “_” atau digabung penulisannya.  Jika kita membuat sebuah kelas artinya kita telah membuat sebuah program atau  baris untuk menampilkan nama kelas java.. Kurung kurawal adalah tanda awalan kelas.
public static void main(String[] args)
Ø  Baris ini untuk menampilkan standarnya program  pada  java atau  sebagai program  utama.Atau sebagai Permulaan fungsi utama dalam java.Baris ini mendeklarasikan suatu method dengan nama main. Keyword Void dalam java merupakan suatu kata kunci yang harus ditulis. Keyword static memungkinkan method main() diapanggil tanpa harus terlebih dahulu membuat instance dari class sederhana.Dimana merupakan method yang bernama main  yang tidak mengembalikan nilai. Dengan program utama method argument.
{
Ø  Kurung kurawal sebagai kalang pembuka baris obyek dari matrik yang dimasukkan.
Lingkaranbulatan = new Lingkaran();
Ø  Baris ini merupakan obyek dari matriks yang dimasukkan.
bulatan.IsiJari(10);
Ø  Baris ini merupakan variable isi jarinya adalah 10.
System.out.println("Keliling = " + bulatan.perolehKeliling());
Ø  Baris ini digunakan untuk menampilkan hasil data  bulatan.perolehKeliling yang dimasukkan
System.out.println("pi = " + bulatan.perolehPi());
Ø  Baris ini digunakan untuk menampilkan hasil data  bulatan.perolehPi yang dimasukkan
System.out.println("LuasLingkaran = " + bulatan.perolehLuasLingkaran());
Ø  Baris ini digunakan untuk menampilkan hasil data  bulatan.perolehLuasLingkaran yang dimasukkan
}
Ø  Kurung kuakhir sebagai penutup dalam kalang method main.
}
Ø  Kurung kuakhir Penutup untuk kalang  kelas Lingkaran.
OUTPUT


2).Membuat program untuk menghitung volume balok/kubus dan menentukan apakah bangun yang dimasukkan balok atau kubus.
INPUT
import java.util.Scanner;
class ObyekBalokKubus
{
int panjang, lebar, tinggi, volume;
public void setPanjang(int p)
            {
            panjang = p;
            }
public void setLebar(int l)
            {
            lebar = l;
            }
public void setTinggi(int t)
            {
            tinggi = t;
            }
public int getPanjang()
            {
            return panjang;
            }
public int getLebar()
            {
            return lebar;
            }
public int getTinggi()
            {
            return tinggi;
            }
public int getVolume()
            {
            return panjang*lebar*tinggi;
            }
public boolean iskubus()
            {
if (panjang==lebar && lebar==tinggi)
return true;
else
return false;
            }
                        }

public class ObyekBalokKubus1
{
            public static void main(String[] args)
            {
Scanner data = new Scanner(System.in);
ObyekBalokKubus obk = new ObyekBalokKubus();
int p, l, t, v;
System.out.print("Masukkan Panjang : ");
obk.setPanjang(data.nextInt());
System.out.print("Masukkan Lebar : ");
obk.setLebar(data.nextInt());
System.out.print("Masukkan Tinggi : ");
obk.setTinggi(data.nextInt());
System.out.println("Volume : "+obk.getVolume());
System.out.println("");
System.out.println("Bangun ruang tersebut merupakan : ");
if (obk.iskubus())
System.out.println("'Kubus'");
else
System.out.println("'Balok'");
            }
}
OUTPUT
a).
b).











KELAS DAN OBYEK II
1).Pembahasan
INPUT
class Bicycle{
Ø  Baris ini digunakan untuk menampilkan nama kelas dalam program java.
public int cadence;
Ø  Baris ini merupakan tampilan atribut milik dari bicycle, merupakan tipe integer dan variable candence.
public int gear;
Ø  Baris ini merupakan tampilan atribut milik dari bicycle, merupakan tipe integer dan variable gear.
public int speed;
Ø  Baris ini merupakan tampilan atribut milik dari bicycle, merupakan tipe integer dan variable speed.
int startCadence;int startSpeed;int startGear;
Ø  Baris ini merupakan konstruktor dalam kelas bicycle dengan mengambil 3 argument integer dengan 3variabel yakni cadence,startspeed,dan start gear.
public Bicycle (){
Ø  Baris ini merupakan tampilan atribut milik dari bicycle.
cadence = startCadence;
Ø  Baris ini merupakan perintah masukan ke variable candence kemudian dideklarasikan.
speed = startSpeed;
Ø  Baris ini merupakan perintah masukan ke variable speed kemudian dideklarasikan.
}
Ø  Kurung kuakhir merupakan kalang penutup atribut milik bicycle.
public void setGear(int newValue){
Ø  Baris ini digunakan untuk menampilkan nama method dengan tipe variablenya integer.
cadence = newValue;
Ø  Baris ini digunakan untuk menciptakan obyek value
}
Ø  Kurung kuakhir merupakan kalang penutup kelas bicycle.
public void setCadence (int newValue){
Ø  Baris ini digunakan untuk menampilkan nama method dengan tipe variablenya integer.
gear = newValue;
Ø  Baris ini digunakan untuk menciptakan obyek value.
}
Ø  Kurung kuakhir digunakan untuk penutup kalang method public void setcadence.
public void applyBrake (int decrement){
Ø  Baris ini digunakan untuk menampilkan nama method dengan tipe variablenya integer.
speed -= decrement;
Ø  Baris ini digunakkan untuk mengurangkan satu dari variable speed..
}
Ø  Kurung kuakhir digunakan untuk penutup kalang method public void applyBrake.
public void speedUp (int increment){
Ø  Baris ini digunakan untuk menampilkan nama method dengan tipe variablenya integer.
speed += increment;
Ø  Baris ini digunakkan untuk menambahkan satu nilai variable speed.
}
Ø  Kurung kuakhir digunakan untuk penutup kalang method public void speedUp.
public void printStates() {
Ø  Baris ini digunakan untuk menampilkan nama method printstates.
System.out.println("cadence: "+cadence+ " speed: "+speed+ " gear: "+gear);
Ø  baris ini merupakan perintah keluaran untuk menampilkan pernyataan yang terdapat diantara tanda kurung dan petikan langsung yaitu " cadence: "," speed: "," gear: " .
}
Ø  Kurung kuakhir digunakan untuk penutup kalang method public void printstates.
}
Ø  Penutup kuakhir penutup untuk kalang method kelas Bicycle.
public class BicycleDemo{
Ø  Baris ini digunakan untuk menampilkan nama kelas dalam program java.
public static void main (String args[]){
Ø  Baris ini digunakkan untuk menampilkan standartnya program dalam java atau sebagai program utama.
Bicycle bb1 = new Bicycle();
Ø  Baris ini digunakan untuk menciptakan obyekbaru pada Bicycle pertama (bb1)
Bicycle bb2 = new Bicycle();
Ø  Baris ini digunakan untuk menciptakan obyekbaru pada Bicycle kedua (bb2)
bb1.setGear(20);
Ø  Baris ini mendeklarasikan pada obyek bicycle 1 variable isi setGearnya 20.
bb1.setCadence(7);
Ø  Baris ini mendeklarasikan pada obyek bicycle 1 variable isi setCadence 7.
bb1.applyBrake(14);
Ø  Baris ini mendeklarasikan pada obyek bicycle 1 variable isi applyBrake 14.
bb1.speedUp(15);
Ø  Baris ini mendeklarasikan pada obyek bicycle 1 variable isi speedup 15.
bb1.printStates();
Ø  Baris ini merupakan bicycle 1 variable isi printstates.
bb2.setGear(9);
Ø  Baris ini mendeklarasikan pada obyek bicycle 2 variable isi setGearnya 9.
bb2.setCadence(14);
Ø  Baris ini mendeklarasikan pada obyek bicycle 2 variable isi setCadence 14.
bb2.applyBrake(4);
Ø  Baris ini mendeklarasikan pada obyek bicycle 1 variable isi applyBrake 4.
bb2.speedUp(8);
Ø  Baris ini mendeklarasikan pada obyek bicycle 1 variable isi speedup 8.
bb2.printStates();
Ø  Baris ini merupakan bicycle 2 variable isi printstates.
}
Ø  Kurung kuakhir Penutup untuk kalang method main.
}
Ø Penutup kuakhir penutup untuk kalang method kelas BicycleDemo.
OUTPUT
2).Membuat program  kelas orang dan jenisnya.
public class OrangData
            {
            int tinggi = 170;
            int berat = 45;
            String nama = "Herii";
            String bentuk_badan = "Tinggi";
            String warna_rambut = "Hitam";
            String warna_kulit = "Coklat";
            String kelamin = "Laki-Laki";
            boolean kacamata;
OrangData(){
}OrangData(String btk_bdn,String wrn_rambut,String wrn_kulit,String klm,boolean kcmt)
            {
            bentuk_badan = btk_bdn;
            warna_rambut=wrn_rambut;
            warna_kulit=wrn_kulit;
            kelamin = klm;
            kacamata = kcmt;
            }
public void setnama(String nama)
{
nama = nama;
}
            public static void main(String args[])
            {
OrangData od = new OrangData();
System.out.println("orang Prambanan ke-1");
od.setnama("");
System.out.println("nama :"+od.nama);
System.out.println("tinggi badan :"+od.tinggi);
System.out.println("berat badan :"+od.berat);
System.out.println("warna rambut :"+od.warna_rambut);
System.out.println("warna kulit :"+od.warna_kulit);
System.out.println("bentuk badan :"+od.bentuk_badan);
System.out.println("berkacamata :"+od.kacamata);
System.out.println("");
System.out.println("orang Prambanan ke-2");
od.setnama("");
System.out.println("nama anda : "+od.nama);
System.out.println("tinggi badan : "+od.tinggi);
System.out.println("berat badan : "+od.berat);
System.out.println("warna rambut :"+od.warna_rambut);
System.out.println("warna kulit :"+od.warna_kulit);
System.out.println("bentuk badan : "+od.bentuk_badan);
System.out.println("berkacamata : "+od.kacamata);
            }
}
OUTPUT






























LISTING MODUL 15
a).LISTING 01
INPUT
class Lingkaran{
  private double radius;
  void IsiJari(double radius)
  {
  this.radius=radius;
  }
  public double perolehPi()
  {
  return 3.14;
        }
  public double perolehKeliling()
  {
          return 2 * perolehPi() * radius;
  }
}
public class PenentuMetode{
public static void main(String[] args)
{
Lingkaran bulatan = new Lingkaran();
bulatan.IsiJari(75);
System.out.println("Keliling = " + bulatan.perolehKeliling());
System.out.println("pi = " + bulatan.perolehPi());
}
}
OUTPUT

INPUT
classLingkaran{
private double radius;
voidIsiJari(double radius)
  {
this.radius=radius;
  }
public double perolehPi()
  {
return 3.14;
  }
public double perolehKeliling()
  {
        return 2 * perolehPi() * radius;
  }
public double perolehLuasLingkaran()
   {
        return 3 * perolehPi() * radius * radius;
  }
}
public class PenentuMetodeModifikasi{
public static void main(String[] args)
{
Lingkaranbulatan = new Lingkaran();
bulatan.IsiJari(10);
System.out.println("Keliling = " + bulatan.perolehKeliling());
System.out.println("pi = " + bulatan.perolehPi());
System.out.println("LuasLingkaran = " + bulatan.perolehLuasLingkaran());
}
}
OUTPUT

















LISTING MODUL 16
INPUT
class Bicycle{
                public int cadence;
                public int gear;
                public int speed;

                int startCadence;int startSpeed;int startGear;
                public Bicycle (){
                                gear = startGear;
                                cadence = startCadence;
                                speed = startSpeed;
                                }

                                public void setGear(int newValue){
                                                cadence = newValue;
                                                }

                                                public void setCadence (int newValue){
                                                                gear = newValue;
                                                                }

                                                                public void applyBrake (int decrement){
                                                                                speed -= decrement;
                                                                                }

                                                                                public void speedUp (int increment){
                                                                                                speed += increment;
                                                                                                }
                                                                                public void printStates() {

           System.out.println("cadence: "+cadence+ " speed: "+speed+ " gear: "+gear);
                }
}
public class BicycleDemo{
public static void main (String args[]){
                Bicycle bb1 = new Bicycle();
                Bicycle bb2 = new Bicycle();

                bb1.setGear(20);
                bb1.setCadence(7);
                bb1.applyBrake(14);
                bb1.speedUp(15);
                bb1.printStates();

                bb2.setGear(9);
                bb2.setCadence(14);
                bb2.applyBrake(4);
                bb2.speedUp(8);
                bb2.printStates();

                }
}
OUTPUT

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a comment

Thanks For Your Feedback.